discovery-learning

Source: https://kurikulum2013kelas6.wordpress.com/2015/07/04/model-model-pembelajaran-dalam-k-13/

Syntax atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan istilah Sintaks merupakan langkah-langkah operasional pembelajaran yang disusun sebagai petunjuk atau pedoman pada saat mengajar. Sintak pada tiap model pembelajaran tidaklah sama, bergantung pada model yang digunakan saat proses belajar mengajar. Sintaks atau urutan/tahapan-tahapan kegiatan belajar diistilahkan dengan fase yang menggambarkan bagaimana model tersebut bekerja dalam prakteknya, misalnya bagaimana memulai pelajaran, bagaimana memfasilitasi peserta didik dalam menggunakan sumber belajar. Jadi sintaks adalah deskripsi model atau metode pembelajaran dalam suatu tindakan proses pembelajaran. Setiap model pembelajaran mempunyai sintaks atau struktur model yang berbeda-beda (Joyce & Weil, 1982).

Sebagai contoh, dengan mengacu pada prosedur aplikasi pengembangan metode pembelajaran Discovery Learning dengan perangkat Mobile Data Logging maka tenaga pengajar yang akan terjun ke satuan pendidikan guna melaksanakan proses pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran Discovery Learning yang dalam implementasinya tentu saja akan berinteraksi dengan peserta didik dalam rangka membangun konsep pembelajaran penemuan yang terarah dan terencana secara matang, maka tenaga pengajar dapat merancang sebuah sintaks pembelajaran yang akan dijadikan sebagai pedoman operasional pada saat pelaksanaan pembelajaran di kelas dan sebagai kerangka acuan penyusunan RPP pembelajaran. Sintaks terbagi ke dalam dua bagian menurut subjeknya yaitu kegiatan pembelajaran oleh guru dan kegiatan pembelajaran siswa.

Dalam tindakan pembelajaran ini guru lebih diarahkan untuk dapat mengoptimalkan perannya sebagai mentor, pembimbing atau fasilitator dalam rangka membimbing siswa melaksanakan pembelajaran secara mandiri dalam setting pembelajaran penemuan (discovery). Sintaks dalam metode pembelajaran Discovery Learning dengan Perangkat Mobile Data Logging terdiri dari enam urutan langkah pokok sebagai berikut: 1) Stimulation (Stimulasi), 2) Problem Statement (Perumusan Masalah), 3) Data Collection (Pengumpulan Data), 4) Data Processing (Pengolahan Data), 5) Verification (Pembuktian), dan 6) Generalization (Penarikan Kesimpulan). Sedangkan pemanfaatan perangkat TIK guna mengembangkan metode pembelajaran Discovery Learning dalam penelitian ini meliputi aplikasi tiga media pembelajaran berbasis teknologi yaitu: 1) Mobile Data Logging, 2) Mobile Data Sharing, dan 3) Graphical Analysis App.

Referensi:

Joyce, B. & Weil, M. 1982. Model of Teachings. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Advertisements