borg-n-gall

Sumber: http://berbahasa-bersastra.blogspot.co.id/2011/10/metode-penelitian-research-and.html

Salah satu metode penelitian dimana pada akhir-akhir ini semakin marak diimplementasikan di dunia pendidikan yaitu dalam rangka mengembangkan sistem pembelajaran dan dunia pendidikan, adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Menurut Borg & Gall (1989) “Educational Research and Development (R & D) is a process used to develop and validate educational products. The steps of this process are usually referred to as the R & D cycle, which consists of studying research findings pertinent to the product to be developed, developing the product based on the finding, field testing it in the setting where it will be used eventually, and revising it to correct the deficiencies found in the field testing stage. It’s indicate that product meets its behaviorally defined objectives”.

Menurut Borg dan Gall (1989): Penelitian pengembangan pendidikan adalah suatu proses untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan. Langkah-langkah dalam proses ini pada umumnya mengacu pada siklus penelitian dan pengembangan yang terdiri dari studi atas temuan penelitian terkait produk yang akan dikembangkan, mengembangkan sebuah produk berdasarkan hasil temuan sebelumnya, ujicoba lapangan pada suatu setting atau situasi dimana produk tersebut nantinya akan digunakan, dan kemudian langkah terakhir adalah melakukan revisi guna memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. Proses-proses tersebut mengindikasikan bahwa produk yang dihasilkan telah memenuhi tujuan yang telah ditetapkan.

Penelitian pengembangan dimaksudkan guna memecahkan masalah praktis dalam dunia pendidikan, masalah di kelas yang dihadapi dosen atau guru. Penelitian ini bukanlah sebuah cara atau teknik untuk menguji teori atau hipotesis, namun menguji dan menyempurnakan produk. Yang dimaksud dengan produk dalam konteks ini tidak selalu berbentuk hardware (buku, modul, alat bantu pembelajaran di kelas dan laboratorium), tetapi bisa juga software (perangkat lunak) seperti program pengolah data dan pendukung pembelajaran, ataupun model-model pembelajaran, pelatihan, bimbingan, evaluasi, manajemen, dan lain sebagainya. Metode penelitian pengembangan dipilih untuk memenuhi kebutuhan penelitian yang menghendaki proses pengembangan dan pengumpulan data dalam berbagai aspeknya baik yang menjadi tujuan utama penelitian maupun aspek tambahan lainnya dalam penelitian tsb. Selain itu metode yang dimaksud apabila sungguh-sungguh diterapkan akan sangat menunjang terlaksananya pengembangan dari sebuah metode pembelajaran.

Referensi:

Borg, W. R. & Gall, M. D. 1989. Educational Research: an Introduction; 5th Edition. White Plains, New York: Longman.

Advertisements