slide_2

Source: http://slideplayer.com/slide/4183542/

Fisika adalah salah satu ilmu dasar dalam rumpun Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kamus online Merriam-Webster (2016) mendefinisikan fisika sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari materi dan energi dan bagaimana keduanya berinteraksi dalam wujud panas, cahaya, gejala kelistrikan dan suara. Tipler (2001) menambahkan bahwa fisika berhubungan dengan materi dan energi, hukum-hukum yang mengatur gerakan partikel dan gelombang, interaksi antarpartikel, sifat-sifat molekul, atom dan inti atom, dan sistem-sistem berskala lebih besar seperti gas, zat cair, dan zat padat.

Beberapa orang menganggap fisika sebagai sains atau ilmu pengetahuan yang paling fundamental karena merupakan dasar dari semua bidang sains yang lain. Menurut Young & Freedman (2002), fisika adalah ilmu eksperimental. Fisikawan mengamati fenomena alam serta berupaya mempelajari dan menemukan pola dan prinsip yang menghubungkan fenomena tersebut. Fisika juga merupakan dasar dari semua ilmu rekayasa dan teknologi.

Ilmu fisika diperoleh dari menggali, mencermati dan mengobservasi fenomena alam. Berbagai fenomena yang terhampar di seluruh penjuru alam semesta secara ilmiah diselidiki prinsip-prinsip, pola-pola dasar, keterkaitan dan keterhubungan diantara fenomena-fenomena tersebut. Mempelajari fisika tidak dapat dipisahkan dari aktifitas mengamati alam sekitar. Siswa perlu dilatih sejak dini untuk bersikap dan bertindak ilmiah terhadap lingkungan tempat mereka berada. Sikap ilmiah yang tertanam kuat dalam benak peserta didik pada gilirannya akan membentuk kepribadian harmonis yang logis, rasionalis, analitis, dan objektif dalam menyikapi segala fenomena alam dan kehidupan.

Referensi:

Merriam-Webster Online Dictionary. 2016. http://www.merriam-webster.com/dictionary.

Tipler, P. A. 1991. Physics for Scientists and Engineers, Third Edition. Worth Publisher, Inc. Alih Bahasa Prasetio, L., Adi, R. W., Sutrisno, J., Soegijono, B., Hardani, W. 2001. Fisika untuk Sains dan Teknik Jilid 1 dan Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Young, H. D. & Freedman, R. A. 2000. University Physics; Tenth Edition. Addison Wesley Longman Inc. Alih Bahasa Juliastuti, E. 2002. Fisika Universitas/Edisi Kesepuluh/Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Advertisements