Menurut McGriff (2000) model pengembangan ADDIE dalam proses pembelajaran dapat diejawantahkan melalui suatu pendekatan sistematis yang dikenal dengan istilah: Desain Sistem Instruksional (Instructional System Design). Adapun tujuan desain instruksional pembelajaran adalah menciptakan kondisi pembelajaran yang berpusat pada siswa, dengan tujuan agar proses pembelajaran dapat berjalan lebih efektif, alih-alih menerapkan metode konvensional yang berpusat pada guru. Hal ini berarti bahwa setiap komponen instruksional pembelajaran sangat terkait erat dengan outcomes pembelajaran itu sendiri, yang dirumuskan sebelumnya melalui analisis yang mendalam akan kebutuhan peserta didik dalam kegiatan belajarnya.

Langkah-langkah model pengembangan ADDIE terdiri dari dua komponen utama yaitu:

1) tugas/kegiatan (sample tasks)

2) hasil (sample output),

selengkapnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Tabel ADDIE

Sumber: McGriff (2000)

Referensi:

McGriff, S. J. 2000. Instructional System Design (ISD): Using the ADDIE Model.

https://www.lib.purdue.edu/sites/default/files/directory/butler38/ADDIE.pdf

Advertisements