Sumber: https://onlineacademiccommunity.uvic.ca/learningdesign/2015/06/19/discovery-learning/

Seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah banyak dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi salah satunya ditujukan guna menangani kekurangan media konvensional yang dari segi fungsi dipandang tidak lagi mencukupi kebutuhan pembelajaran. Disamping itu, perangkat media pembelajaran berbasis TIK dikenal memiliki beragam kecanggihan. Perangkat teknologi terbaru yang ada saat ini bersifat ringkas dan mudah dibawa (portable and mobile), dan memiliki kemampuan yang handal untuk menampilkan materi pembelajaran dalam bentuk multimedia digital, sehingga dengan seluruh keunggulan ini akan mendukung proses dan suasana pembelajaran yang dinamis, interaktif, dan efisien.

Melalui aktifitas belajar, peserta didik mengkonstruksi dalam stuktur kognitif mereka, pengetahuan baru yang diperoleh dengan mengkaitkan antara kondisi dan pengetahuan awal dengan pemahaman dan pengembangan daya nalar peserta didik terhadap pengetahuan yang berasal dari lingkungan sekitarnya.
Sedangkan esensi dari pembelajaran adalah upaya sistematis memperoleh pengetahuan sehingga terjadi proses interaksi multi arah yang di dalamnya terjadi proses penemuan dan pembentukan struktur kognitif peserta didik.

Penggunaan media pembelajaran yang bervariasi diyakini dapat lebih melibatkan peserta didik disamping mengasah dan mengembangkan keterampilan ilmiahnya. Dengan keterlibatan yang riil, subjek pembelajaran secara mandiri mengkonstruksi pengetahuan dan mengembangkan daya nalar dan pemahaman konseptualnya melalui berbagai kegiatan pembelajaran, eksperimen ilmiah, dan lain sebagainya dengan memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan kognitif peserta didik.

Perangkat media pembelajaran berbasis TIK saat ini sangat mudah dikoneksikan atau dipasangkan (paired) antarmuka (interface) menggunakan jaringan internet atau nirkabel (bluetooth dan infrared). Konektifitas ini sangat menguntungkan bagi pengguna, karena jarak tidak lagi menjadi kendala yang berarti. Selain itu, mencermati perkembangan perangkat teknologi terbaru seperti laptop, smartphone, dan tablet kita melihat dimensi fisiknya semakin mengecil dari waktu ke waktu, yang menjadikan perangkat-perangkat tersebut semakin mudah digunakan dan dibawa kemana saja.

Salah satu software yang kerap dimanfaatkan sebagai media pembelajaran fisika adalah Logger Pro. Logger Pro dilengkapi dengan fitur data logging dan data sharing. Fitur ini memungkinkan pengguna mengumpulkan (logging) dan sharing data secara mobile (mobile data logging), dari komputer utama (data sharing source) ke berbagai perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Data yang telah di logging berupa grafik, teks atau angka selanjutnya di share secara nirkabel ke perangkat mobile milik peserta didik.

Dengan metode pembelajaran Discovery Learning berbantuan perangkat TIK, siswa aktif dalam setiap proses pembelajaran, melakukan percobaan dan pengamatan ilmiah untuk menemukan sendiri pengetahuan fisika, dan tidak sekedar pasif menerima fisika berupa produk jadi atau hasil final. Sehingga dengan cara tersebut pembelajaran akan benar-benar menumbuhkan kebermaknaan (meaningful learning).

Dengan menggunakan perangkat mobile yang saling terhubung, peserta didik melakukan analisis data hasil eksperimen  Peserta didik dibimbing untuk menjalankan eksperimen, mengoperasikan berbagai perangkat TIK , melakukan pengamatan, menyusun dugaan, menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah mengasah keterampilan ilmiah dan mengembangkan aspek afektif dan psikomotorik peserta didik dalam penerapan metode pembelajaran Discovery Learning.

*) This article is only an excerpt.

Advertisements