world_bankPada tahun 2011, World Bank (Bank Dunia) meluncurkan sebuah program yang memuat sejumlah terobosan inisiatif baru dalam rangka membangun database global kebijakan internasional lintas negara dalam  kaitannya dengan pemanfaatan TIK di dunia pendidikan.

Salah satu tujuan dari program yang digagas dan dikembangkan secara berkesinambungan oleh Bank Dunia pada beberapa tahun belakangan ini adalah mendorong dan membantu para pembuat kebijakan di masing-masing negara untuk merumuskan skema penilaian dan standar operasional pemanfaatan TIK dalam pendidikan dengan mengacu pada negara-negara lain sebagai pembanding di seluruh dunia.

Dengan terbangunnya jaringan database global kebijakan internasional dalam pemanfaatan TIK di dunia pendidikan yang sejalan dengan program tersebut, World Bank memiliki wewenang untuk melaksanakan monitoring, dan evaluasi implementasi pemanfaatan TIK dalam mendukung kemajuan pendidikan di masing-masing negara. Disamping itu, misi World Bank dalam program ini adalah memberikan bantuan teknis dan non teknis bagi negara-negara yang masih minim sarana prasarana IT dan masih kurang memanfaatkan TIK agar mampu mensejajarkan dirinya dengan negara lain di dunia.

ict-exhibSebagai bagian dari proses ini, SABER-ICT, –informasi mengenai SABER-ICT silakan klik di sini– yang dimaksudkan sebagai perangkat penilaian utama dalam skema pendekatan sistem (system approach) mengenai sejauh mana keberhasilan program pada level perumusan kebijakan, telah merumuskan beberapa kriteria standar acuan program dan pelaksanaannya di lapangan sesuai dengan beberapa domain kebijakan utama, topik dan karakteristik dari program tsb sebagai berikut:

1 Vision and Planning
1.1 Vision and overall goals
1.2 Linkages between ICT in education policy and other sectoral policies
1.3 Public funding and expenditure for ICT in education
1.4 Institutional arrangements
1.5 Public Private Partnerships (PPP) on ICT in education

2 ICT Infrastructure
2.1 Electricity supply
2.2 ICT equipment & related networking infrastructure
2.3 Technical support & maintenance
2.4 e-Waste

3 Teachers
3.1 Teacher training and professional development (including pre-service and in-service) on ICT –related topics
3.2 ICT-related teacher competency standards
3.3 Teacher networks/ resource centers for teachers
3.4 School leadership training, professional development and competency standards

4 Skills and competencies
4.1 ICT literacy/digital competency
4.2 Non-formal education/lifelong learning/vocational education

5 Learning resources
5.1 Digital content/digital learning resources (DLR) and curriculum

6 EMIS
6.1 ICT use in management of the education system (EMIS)

7 Monitoring and evaluation, assessment, research and innovation
7.1 Monitoring ICT use and evaluating its impact
7.2 ICT use in assessment
7.3 Innovation, research and development

8 Equity, inclusion and safety
8.1 “Pro-equity” provisions and approaches
8.2 Digital ethics, safety and citizenship

x Cross-cutting themes
x.1 Distance education / distance learning
x.2 Mobile learning
x.3 ECD (early childhood development)
x.4 OER (open educational resources)
x.5 Community involvement
x.6 Data privacy

Hasil perumusan World Bank terkait pemanfaatan TIK dalam pendidikan akan mulai muncul di tahun 2013.

Kunjungi laman World Bank-ICT, klik tautan ini.

Advertisements